Kesalahan-kesalahan umum dalam bahasa Inggris

by - Desember 21, 2016

http://www.selvahow.tk

“sering nih denger orang bilang ‘ok, fix ya!’, ‘i love you baby’,’keep smile dear’ dan lain-lain. Hmm atau pernah ngucapin sendiri hal-hal diatas tadi? Itu bener gak sih guys? Ok, disini kami akan bahas satu persatu. Simak ya, baru bener!”

        1.       Fix atau fixed
Sering terdengar di kalangan para remaja yang ingin mengatakan “pasti” dengan kata fix. Tujuan mereka sih untuk menekankan bahwa hal tersebut sudah di ambil keputusan (kesimpulan)  atau sudah pasti. Sadar atau tidak, kata fix yang mereka gunakan itu belum dalam bentuk yang benar. Fix (kata kerja) yang berarti memperbaiki, memasang, menyelesaikan dll. Seharusnya kata fix sebagai kata kerja diubah dulu menjadi kata sifat (adjective) yang berarti menyifati (memberi sifat) kepada hal yang sudah pasti tadi. Sehingga bentuk yang benar adalah fixed (adjective). 

        2.       I atau i
Ambil saja contoh kalimat “i love you baby” , salahnya dimana? Oke kami tahu pasti kalian bingung. Bukan struktur kalimatnya yang salah tapi kata i disini biang keroknya. Kenapa? Karena  kata i disini harus menggunakan huruf kapital “I”. Aturan ini termasuk ke sepuluh penggunaan huruf kapital dalam bahasa inggris, bisa di cek disini. Jadi.. yang benar adalah “I love you baby”. So sweet kan contohnya!

        3.       Farther atau further
Perbedaan yang sering terjadi antara dua kata tersebut adalah bahwa farther berarti lebih jauh (more distant) dan further berarti tambahan (additional). Contoh: a) New York is farther than London (benar), b) New York is further than London (salah), c) I shall get further information (benar), d) I shall get farther information (salah).

        4.       Keep smile atau keep smiling
keep smile ya sayang!” ngasih tahu pacarnya yang bener dong kak! Jangan malu-maluin deh! Yang bener itu “keep smiling” karena setelah kata keep selalu disertai v.ing, jadi keep+verb-ing = keep smiling. Contoh lainnya seperti keep going, keep walking, keep watching and so on.

        5.       Stay tuned atau stay tune
Hayoo yang sering pantengin tv nya dirumah pasti sering lihat kata “stay tuned”/”stay tune”. Nah, yang bener yang mana ni guys? Tuned atau tune tanpa d? Well, yang bener adalah “stay tuned” –dengan d-. Kata stay harus diikuti oleh kata sifat, sedangkan tune tanpa d adalah kata kerja, maka stay+ adjective.  Stay Tuned sendiri mempunya arti "jangan kemana-mana" atau "tetap di siaran ini" jika itu di acara tv.

        6.       Cost atau price
Hallo cewek-cewek yang sukanya belanja! Jangan absen di  yang satu ini ya! Ok, let’s begin! Price adalah jumlah uang yang dibayarkan oleh pembeli sedangkan cost adalah jumlah uang yang dibayar oleh pemilik toko (penjual). simpelnya utk cost adalah cost merupakan harga yang ditawarkan pembeli ke penjual, Tapi kita dapat mengatakan , “how much does it cost?”. Contoh: a) what is the prize of this skirt? (benar), b) what is the cost of this skirt?(salah).

        7.       Older, elder atau oldest, eldest
Older dan oldest  digunakan untuk orang dan benda atau lebih umum dan yg sering digunakan, sedangkan elder dan eldest digunakan untuk orang semata, dan paling sering dihubungkan dengan keluarga (elder tidak diikuti dengan than seperti, “Han is older (bukan elder) than his brother.”), contoh: a) this boy is elder than that one (salah), b) this boy is the eldest of all (salah), c) the boy is older than that one (benar), d) the boy is the oldest of all (benar), e) my  older brother is called Sulhan (salah), f) my oldest brother is not here (salah), g) my elder brother is called Sulhan (benar), h) my eldest brother is not here (benar).

        8.       It sucks or it’s suck
Emm, yang mana yang bener? Yang bener adalah it sucks. Kata suck sendiri punya arti secara denotatif (yang sebenarnya) dan konotatif (kiasan). Arti yang pertama “mengisap”, yang kedua “buruk, payah, jelek”. Suck juga merupakan kata kerja. Sehingga dalam formasi clausanya = s+P (p= verb atau be). Subject nya it dan Predikatnya suck (kata kerja). Jadi is nya dihapus aja ya..

        9.   Who cares atau who’s care
Artinya apasih? Who cares artinya “siapa peduli/emang gue pikirin’ sedangkan who’s care artinya “siapa care?” . ah, masa iya sih kak? Iya dek... gini loh kakak ajarin yang bener. Who cares itu subject question yaitu pertanyaan yang jawabannya menjadi subject kalimat. Terus kenapa harus pake s dibelakang care, kak? Karena care merupakan kata kerja tunggal sehingga memerlukan tambahan –s. Udah ngerti?

        10.   Sick atau ill
To be ill bberarti to be in bad health. To be sick biasanya berarti cenderung untuk mutah atau sakit untuk sementara waktu seperti, “the smell make me sick.” Contoh: a) he has been ill for over a year (benar), b) he has been sick for over a year (salah). Sick dapat juga digunakan sebelum sebuah kata benda atau sebagai sebuah kata benda dalam bentuk jamak seperti, “the sick man is laying in bed?” atau “we visit the sick.” Ill dapat digunakan dengan cara ini.

Yahh.. udah habis ya kak? Kita masih punya beberapa part artikel ini dek, coba cek part 2, part 3. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!



You May Also Like

2 comment